Dijaman sekarang
nih bro and sist, pasti tuh kita banyak nemuin orang-orang pada make yang
namanya komputer. Gak tau itu buat ngerjain tugas sekolah, kuliah ataupun
kerja. Dan gak jarang juga browsing-browsing di internet (pake kuota ye
tentunya :D) buat nyari informasi paling penting sampe yang kaga penting pun
ada, apalagi sosmed sekarang udah kaya jamur di musim ujan, bisa deh buat kepoin
gebetan #pengalamanpenulis. Atau nih buat sekedar main game, buat gamer-gamer
pasti demen banget kencan sama spesies berjudul komputer. Berhubung ini ane
nulis artikel juga karena tugas kuliah dan baru pertama nulis, jadi untuk
segala kekurangan yang hampir ga ada kelebihannya, minal aidin wal faidzin aja
ya bro and sist. Yaakk sekian curhatannya, silakan menikmati menu hari ini…
-----------------------------------------------deekitsunepresent-----------------------------------------------
KOMPUTER
I.
DEFINISI
KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology,
kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk
"orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut
menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung
jalan artileri perang dengan mesin hitung.
II.
SISTEM KOMPUTER
Komputer agar dapat dipergunakan untuk mengolah data maka
harus berbentuk sistem komputer. System adalah jaringan daripada elemen-elemen
yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu
tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah
mengolah data untuk menghasilkan informasi supaya tujuan tersebut terlaksana,
maka harus ada elemen yang mendukungnya. Elemen dari sistem komputer adalah software,
hardware, dan brainware. Software adalah perangkat lunak / piranti
lunak / program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data. Hardware
adalah perangkat keras / piranti keras / peralatan di sistem komputer yang
secara fisik terlihat dan dapat terlihat dan dapat dijamah. Brainware
adalah manusia yag terlibat didalam pengoperasian serta mengatur sistem
komputer.
Ø PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Peralatan
komputer yang secara fisik bisa dilihat dan bisa dijamah dikelompokan dalam
kelompok hardware. Dari mulai ditemukannya komputer, hardware dapat digolongkan
kedalam 4 golongan, yaitu:
1. Alat Manual
2. Alat mekanik
3. Alat Mekanik Elektronik
4. Alat Elektronik
Pada
dasarnya komputer generasi sekarang terdiri dari:
1. INPUT DEVICE
Input Device adalah alat yang
digunakan untuk menerima input/masukan, adapun yang termasuk dalam kelompok
input device yaitu:
a. Key Board
Pengertian Keyboard merupakan perangkat
keras yang berbentuk berupa papan Tuts, dimana terdapat tombol-tombol input
seperti abjad, angka, atau karakter-karakter
special seperti !@$.;,’=-. Fungsi Keyboard
sebagai input utama yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data ke dalam
system komputer.
b.
Mouse
Perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai penunjuk (pointer) untuk memudahkan
pemakaian aplikasi dan OS.
c. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer.
2. PROCESSING DEVICE
Alat pemroses ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu
CPU dan Main Memory.
A. CPU (Central Processing Unit)
CPU
merupakan tempat pemrosesan intruksi program CPU terbagi menjadi 3 bagian utama
yaitu:
a. Control Unit, berfungsi mengatur
dan mengendalikan alat-alat input dan output mengambil instruksi dari main
memory, mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses;
b. Aritmatic Logic Unit, berfungsi
melakukan emua perhitungan yang sesuai dengan instruksi program
c. Register merupakan simpanan
kecil yang mempunyai kecepatan tinggi berfungsi sebagai penyimpanan instruksi
dan data yang sedang diproses oleh CPU sedangkan instruksi dan data lainnya
yang menunggu giliran untuk diproses masih tersimpan dalam main Memory.
Ada 3 macam ingatan yang
dipergunakan didalam sistem komputer yaitu:
a.
Register, berfungsi untuk menyimpan
instruksi dan data yang sedang diproses;
b.
Main Memory, berfungsi untuk menyimpan
instruksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan;
c.
External Memory,berfungsi untuk
menyimpan program dan data secara permanen.
B. ARRAY PROCESSING
Kecepatan proses pada suatu komputer
tergantung pada ukuran processor, oleh karena itu kita mengenal 2 macam
komputer yaitu:
·
Personal Computer XT (Excutable
Technology) : Intel 8088
·
Personal Computer AT (Advance
Technology) : Intel 80286
C. MAIN MEMORY
Main Memory terdiri dari 2 bagian utama yaitu:
1. RAM (Random Acces memory)
Untuk menyimpan program yang kita
olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis,
diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama,
yaitu:
·
Input
Storage, berfungsi untuk menampung input
yang dimasukkan melalui alat input;
·
Program
Storage, berfungsi untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses;
·
Working
Storage, berfungsi untuk menyimpan data
yang akan diolah dan hasil pengolahan;
·
Output
Storge, berfungsi untuk menampung hasil
akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
2. ROM (Read Only memory)
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia
informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak
bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa
sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk
keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan
pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold
booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM,
dengan cara memprogram kembali, yaitu :
·
PROM (Programmable Read Only
Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali;
·
EPROM (Erasable Programmable Read
Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang;
·
EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory), dapat
dihapus secara elektronik dan
dapat diprogram kembali.
3. OUTPUT DEVICE
Output Device (Alat Keluaran) dibagi menjadi 2 yaitu:
· HardCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk mencetak
tulisan
Contoh:
Printer, berfungsi untuk
menerjemahkan proses informasi dari sistem unit menjadi output dalam bentuk
bentuk kertas (hardcopy). Tipe-tipe printer yaitu :
- Ink-jet printers
- Laser printers
- Thermal printers
- Dot-matrix printers
- Plotters
- Photo printers
- Portable printers
· SoftCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan
Contoh:
Screen/Monitor/Video Display, Monitor dapatdigoliingkan
menjadi:
- Video Display, merupakan layar
yang berupa tabung sinar katoda atau CRT (Cathroda Ray Tube);
- Monochrome, merupakan layar dengan
warna tunggal biasanya dengan warna hijau fosfor;
- Colour Display menggunakan tiga
sinar elektron terpisah dan dapat dikombinasikan untuk membentuk warna yang
diinginkan dilayar;
- Flat Panel Display menggunakan LCD
(Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih.
·
Perangkat Penyimpanan : adalah
perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer agar
data/dokumen/file yang dibuat dapat tersimpan dengan aman agar sewaktu-waktu
dibutuhkan dapat dibuka/ditemukan kembali. Adapun yang termasuk perangkat
penyimpanan pada komputer diataranya:
a)
Disket/FloppyDisk, berdasarkan
kapasitas penyimpanan data, disket dibagi menjadi:
- Disket HD (Disk Dencity).
Berkapasitas 1MB keatas;
-
Disket MD2D (Double Dencity). Berkapasitas sedang 360KB.
b)
Hardisk merupakan media penyimpanan
yang berkapasitas sangat besar yang biasanya digunakan dalam komputer windows
karena besarnya program dan banyaknya ragam software komputer yang dapat digunakan
melalui komputer windows.
Kapasitas hardisk banyak sekali,
mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 30MB,1.5GB, 10GB, 20GB, 40GB,
80GB, 160GB, 320GB;
c)
CompactDisk (CD) merupakan salah
satu perangkat komputer yang termasuk dalam kelompok media penyimpanan,
Dengan CD kita bisa menyimpan dokumen secara permanen dan tidak permanen. Berdasarkan
jenis CD dibagi menjadi 2, yaitu:
-
CD-R (CompactDisk Read), hanya bisa
sekali pakai dalam peng-copyan yang tidak dapat dihapus lagi untuk dicopy
kembali baik isinya sama/tidak;
-
CD-R/W, bisa dipakai berulang kali
untuk menyimpan karena isinya dapat dihapus untuk digantikan dengan
file/dokumen lain yang ingin disimpan.
Kapasitas CD banyak sekali, mulai ratusan
MegaByte hingga GigaByte, seperti: 125 MB, 256 MB, dll.
d)
FlashDisk, media penyimpanan ini
pada komputer memiliki bentuk lebih kecil dan ramping sehingga mudah untuk
dibawa kemana-kemana, dengan konektor USB.
Berdasarkan kapasitas FlashDisk ada
bermacam-macam, diantaranya: 125 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8GB, dll.
e)
CardReader, merupakan media
penyimpanan komputer yang biasanya digunakan untuk kelengkapan HandPhone yang
memiliki banyak fasilitas yang
membutuhkan memory yang cukup besar.
Ø
PERANGKAT
LUNAK (SOFTWARE)
Pengertian dari Software (Perangkat
Lunak) adalah segala macam program yang mendukung dari segala sistem komputer.
Software dibagi menjadi 2 bagian:
A. SOFTWARE APLIKASI
Software ini dirancang dan dibuat
oleh pabrik pembuat software yang fungsinya untuk mempermudah memecahkan
sesuatu masalah/aplikasi
Contoh:
i.
Software aplikasi Under DOS :
Lotus 1-2-3, Sympony, Multiplan,
Wordstar, Dbase III+, Qpro, Sidekick, Bannermania, Printmaster, paradox, dll.
ii.
Software aplikasi Windows








B. SOFTWARE BAHASA
Software ini disediakan oleh pabrik
pembuatannya agar manusia dapat berkomunikasi, lebih lanjut dapat menyuruh alat
komputer untuk memecahkan suatu masalah. Software Bahasa dibagi menjadi 2:
i.
Software Bahasa Pemrograman Tingkat
Rendah (Low Level Language)
Bahasa Pemrograman yang berorientasi
pada masalah bahasa mesin. Seseorang yang akan berkomunikasi dengan PC
harus mengetahui bahasa mesin komputer yang bersangkutan.
Contoh: Machine Language, Bahasa
Assembly, dll.
ii.
Software Bahasa Pemrograman Tingkat
Tinggi (High Level Language)
Contoh:
·
Fotran : Formula Translation;
·
Cobol : Command Business Orientated Language;
·
LISP :
List Processor/List Progamming;
·
ALGOL : Algoritmic Language;
·
RPG :
Report Program Generator;
·
APL :
A Programming Language;
·
PL/1 :
Programming Language One;
·
BASIC : Beginner All Purpose Symbolic Instruction Code.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar