Kamis, 25 September 2014

Komputer



Dijaman sekarang nih bro and sist, pasti tuh kita banyak nemuin orang-orang pada make yang namanya komputer. Gak tau itu buat ngerjain tugas sekolah, kuliah ataupun kerja. Dan gak jarang juga browsing-browsing di internet (pake kuota ye tentunya :D) buat nyari informasi paling penting sampe yang kaga penting pun ada, apalagi sosmed sekarang udah kaya jamur di musim ujan, bisa deh buat kepoin gebetan #pengalamanpenulis. Atau nih buat sekedar main game, buat gamer-gamer pasti demen banget kencan sama spesies berjudul komputer. Berhubung ini ane nulis artikel juga karena tugas kuliah dan baru pertama nulis, jadi untuk segala kekurangan yang hampir ga ada kelebihannya, minal aidin wal faidzin aja ya bro and sist. Yaakk sekian curhatannya, silakan menikmati menu hari ini…
-----------------------------------------------deekitsunepresent-----------------------------------------------

KOMPUTER


      I.        DEFINISI KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.


    II.        SISTEM KOMPUTER
Komputer agar dapat dipergunakan untuk mengolah data maka harus berbentuk sistem komputer. System adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi supaya tujuan tersebut terlaksana, maka harus ada elemen yang mendukungnya. Elemen dari sistem komputer adalah software, hardware, dan brainware. Software adalah perangkat lunak / piranti lunak / program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data. Hardware adalah perangkat keras / piranti keras / peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat terlihat dan dapat dijamah. Brainware adalah manusia yag terlibat didalam pengoperasian serta mengatur sistem komputer.

Ø PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Peralatan komputer yang secara fisik bisa dilihat dan bisa dijamah dikelompokan dalam kelompok hardware. Dari mulai ditemukannya komputer, hardware dapat digolongkan kedalam 4 golongan, yaitu:
1.      Alat Manual
2.      Alat mekanik
3.      Alat Mekanik Elektronik
4.      Alat Elektronik

            Pada dasarnya komputer generasi sekarang terdiri dari:

1.    INPUT DEVICE
Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima input/masukan, adapun yang termasuk dalam kelompok input device yaitu:

a.       Key Board
Pengertian Keyboard merupakan perangkat keras yang berbentuk berupa papan Tuts, dimana terdapat tombol-tombol input seperti abjad, angka,  atau karakter-karakter special seperti !@$.;,’=-. Fungsi Keyboard sebagai input utama yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.


b.    Mouse
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penunjuk (pointer) untuk memudahkan pemakaian aplikasi dan OS.

c.    Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

2.    PROCESSING DEVICE

Alat pemroses ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu CPU dan Main Memory.

A.    CPU (Central Processing Unit)
                        CPU merupakan tempat pemrosesan intruksi program CPU terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu:
                 a. Control Unit, berfungsi mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output mengambil instruksi dari main memory, mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses;
b.  Aritmatic Logic Unit, berfungsi melakukan emua perhitungan yang sesuai dengan instruksi program
c.  Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi berfungsi sebagai penyimpanan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU sedangkan instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih tersimpan dalam main Memory.
Ada 3 macam ingatan yang dipergunakan didalam sistem komputer yaitu:
a.       Register, berfungsi untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses;
b.      Main Memory, berfungsi untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan;
c.       External Memory,berfungsi untuk menyimpan program dan data secara permanen.

B.     ARRAY PROCESSING
Kecepatan proses pada suatu komputer tergantung pada ukuran processor, oleh karena itu kita mengenal 2 macam komputer yaitu:
·            Personal Computer XT (Excutable Technology)  : Intel 8088
·            Personal Computer AT (Advance Technology)    : Intel 80286

C.     MAIN MEMORY
Main Memory terdiri dari 2 bagian utama yaitu:

1.    RAM (Random Acces memory)
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

·            Input Storage, berfungsi untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input;
·            Program Storage, berfungsi untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses;
·            Working Storage, berfungsi untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan;
·            Output Storge, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

2.      ROM (Read Only memory)
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :
·            PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali;
·            EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang;
·            EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

3.    OUTPUT DEVICE

Output Device (Alat Keluaran) dibagi menjadi 2 yaitu:

·      HardCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan
Contoh:
Printer, berfungsi untuk menerjemahkan proses informasi dari sistem unit menjadi output dalam bentuk bentuk kertas (hardcopy). Tipe-tipe printer yaitu :
- Ink-jet printers
- Laser printers
- Thermal printers
- Dot-matrix printers
- Plotters
- Photo printers
- Portable printers
·      SoftCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan
Contoh:
Screen/Monitor/Video Display, Monitor dapatdigoliingkan menjadi:
- Video Display, merupakan layar yang berupa tabung sinar katoda atau CRT (Cathroda Ray Tube);
- Monochrome, merupakan layar dengan warna tunggal biasanya dengan warna hijau fosfor;
- Colour Display menggunakan tiga sinar elektron terpisah dan dapat dikombinasikan untuk membentuk warna yang diinginkan dilayar;
- Flat Panel Display menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih.
·         Perangkat Penyimpanan : adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer agar data/dokumen/file yang dibuat dapat tersimpan dengan aman agar sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dibuka/ditemukan kembali. Adapun yang termasuk perangkat penyimpanan pada komputer diataranya:
a)    Disket/FloppyDisk, berdasarkan kapasitas penyimpanan data, disket dibagi menjadi:
- Disket HD (Disk Dencity). Berkapasitas 1MB keatas;
- Disket MD2D (Double Dencity). Berkapasitas sedang 360KB.
b)    Hardisk merupakan media penyimpanan yang berkapasitas sangat besar yang biasanya digunakan dalam komputer windows karena besarnya program dan banyaknya ragam software komputer yang dapat digunakan melalui komputer windows.
Kapasitas hardisk banyak sekali, mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 30MB,1.5GB, 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 160GB, 320GB;
c)    CompactDisk (CD) merupakan salah satu perangkat komputer  yang termasuk dalam kelompok media penyimpanan, Dengan CD kita bisa menyimpan dokumen secara permanen dan tidak permanen. Berdasarkan jenis CD dibagi menjadi 2, yaitu:
-   CD-R (CompactDisk Read), hanya bisa sekali pakai dalam peng-copyan yang tidak dapat dihapus lagi untuk dicopy kembali baik isinya sama/tidak;
-   CD-R/W, bisa dipakai berulang kali untuk menyimpan karena isinya dapat dihapus untuk digantikan dengan file/dokumen lain yang ingin disimpan.
Kapasitas CD banyak sekali, mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 125 MB, 256 MB, dll.
d)    FlashDisk, media penyimpanan ini pada komputer memiliki bentuk lebih kecil dan ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-kemana, dengan konektor USB.
Berdasarkan kapasitas FlashDisk ada bermacam-macam, diantaranya: 125 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8GB, dll.
e)    CardReader, merupakan media penyimpanan komputer yang biasanya digunakan untuk kelengkapan HandPhone yang memiliki banyak  fasilitas yang membutuhkan memory yang cukup besar.




Ø  PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Pengertian dari Software (Perangkat Lunak) adalah segala macam program yang mendukung dari segala sistem komputer.
Software dibagi menjadi 2 bagian:

A.   SOFTWARE APLIKASI
Software ini dirancang dan dibuat oleh pabrik pembuat software yang fungsinya untuk mempermudah memecahkan sesuatu masalah/aplikasi
Contoh:
                              i.      Software aplikasi Under DOS :
Lotus 1-2-3, Sympony, Multiplan, Wordstar, Dbase III+, Qpro, Sidekick, Bannermania, Printmaster, paradox, dll.
                            ii.      Software aplikasi Windows
*   Software Pengolah Kata                       : Microsoft Word, WordPerfect;
*   Software Pengolah Data                       : Microsoft Excel;
*   Software Pengolah Gambar                 : Corel Drew, Photoshop;
*   Software Pengolah Database              : Microsoft Database;
*   Software Pengolah Animasi                : Microsoft Power Point;
*   Software Pengolah Data Statistik        : SPSS;
*   Software Pengolah/Rancang Bangun           : AutoCad;
*   Software Pengolah Dara Akuntansi   : MYOB Accounting, Dec Easy.

B.   SOFTWARE BAHASA
Software ini disediakan oleh pabrik pembuatannya agar manusia dapat berkomunikasi, lebih lanjut dapat menyuruh alat komputer untuk memecahkan suatu masalah. Software Bahasa dibagi menjadi 2:
                            i.        Software Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low Level Language)
Bahasa Pemrograman yang berorientasi pada masalah  bahasa mesin. Seseorang yang akan berkomunikasi dengan PC harus mengetahui bahasa mesin komputer yang bersangkutan.
Contoh: Machine Language, Bahasa Assembly, dll.
                          ii.        Software Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High Level Language)
Contoh:
·            Fotran                        : Formula Translation;
·            Cobol             : Command Business Orientated Language;
·            LISP               : List Processor/List Progamming;
·            ALGOL           : Algoritmic Language;
·            RPG               : Report Program Generator;
·            APL                : A Programming Language;
·            PL/1                : Programming Language One;
·            BASIC            : Beginner All Purpose Symbolic Instruction Code.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar